Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

 

Menyapih mempunyai dampak fisik, hormonal, serta emosional pada ibu. Waktu Bunda menyapih dengan cara setahap, Bunda kemungkinan bisa siap-siap serta beradaptasi dengan perkembangan seiring berjalannya waktu.

Mencuplik Very Well Family, bila menyapih anak dengan cara mendadak, hal tersebut bisa berefek semakin besar pada Bunda serta badan, diantaranya payudara jadi lebam.

Ngilu payudara lebam kira-kira sensasinya sama dengan payudara yang penuh ASI saat Bunda masih menyusui,

Bagaimanakah cara menangani payudara lebam tulis menyapih:

1. Pompa ASI dengan tangan Konselor laktasi Kelly Bonyata, IBCLC, merekomendasikan untuk memompa ASI dengan tangan jika payudara lebam. Harus diingat jika jumlah ASI yang dipompa dengan tangan itu sedikit saja.

“Bila cuman sedikit ASI yang dikeluarkan dari payudara, karena itu produksi ASI akan turun. Disamping itu, memerah sedikit ASI akan menurunkan ketidaknyamanan Anda serta kurangi peluang terhalangnya aliran, infeksi payudara, atau abses,” kata Bonyata, diambil dari Kelly Mom.

2. Mandi air hangat Saat payudara lebam serta benar-benar sakit hingga Bunda hampir tidak dapat pikirkan hal-hal lain, mandi air hangat menjadi pilihan pas. Dan Mandi air hangat dapat menurunkan ngilu payudara secara sama menurunkan ngilu otot.

Mandi air panas dapat juga membuat ASI mengalir tanpa ada pertolongan benar-benar. Sekalian mandi, coba pencet lembut payudara supaya ASI mengalir keluar.

3. Gunakan bra yang nyaman Gunakan bra yang memberikan dukungan tapi tidak ketat. Pilih bra yang lembut hingga desakan pada payudara berasa nyaman.

Pilih bra yang begitu ketat atau coba mengikat payudara bisa mengakibatkan aliran ASI terhalang atau infeksi payudara. Jadi pilih bra yang pas ya, Bunda.

4. Kompres dingin Kompres dingin dengan es atau daun kubis menurunkan infeksi serta ngilu pada payudara yang membesar. Bila terus dipakai, kompres dingin dapat menolong turunkan produksi ASI.

Langkah mengimplementasikannya sederhana yakni diamkan semasa 30 menit, semakin lama bila Bunda tahan. Makin lama Bunda menggunakan es, makin lama Bunda berasa lega.

5. Pakai minyak fundamental peppermint Minyak fundamental peppermint dapat perlambat produksi ASI. Jadi waktu payudara lebam sebab menyapih, coba berikan sedikit minyak kelapa, lantas teteskan 1 tetes minyak fundamental peppermint di atas payudara serta gosokan ke seputarnya.

Mencuplik Nursing The Baby, waktu pemolesan minyak kelapa serta fundamental papelpermint seharusnya jauhi areola serta puting, lantas coba mengaplikasikannya 2x sampai 3x satu hari.

Untuk bonus penambahan, minyak peppermint memberi sensasi dingin yang membahagiakan seperti kompres es.

Updated: January 14, 2021 — 5:24 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *