Tol Pekanbaru-Dumai Masih Gratis

 

Sesudah diresmikan oleh presiden joko widodo (jokowi) pada jumat (25/9) dengan cara virtual. Jalan tol pekanbaru-dumai (permai) mulai bekerja seutuhnya di hari ini. Sabtu (26/9).

Persisnya pada jam 07.30 wib. Sudah dikerjakan open trafik pertama jalan tol permai dengan lakukan tapping kartu tol pertama di jalan tol pekanbaru-dumai persisnya di gerbang tol (gt) pekanbaru yang diperintah oleh gubernur propinsi riau syamsuar serta dikawal oleh komunitas pengaturan pimpinan wilayah (forkopimda) dan branch manajer cabang tol permai aa. G. Indrayana.

Sesudah dilaksanakan open trafik pertama jalan tol permai itu. Baru pada jam 08.00 wib. Jalan tol pekanbaru-dumai sah dibuka untuk umum serta beberapa pemakai jalan yang dari kota pekanbaru dapat lewat di tol selama 131 km (km) ini ke arah arah dumai. Atau kebalikannya.

Pt hutama karya (persero) sebagai pengelola jalan tol pertama di propinsi riau itu pastikan jika sekarang ini tol pekanbaru-dumai dapat di nikmati oleh warga pekanbaru sampai dumai serta belum dikenai biaya. Walau masih gratis. Pemakai jalan harus tetap lakukan tapping kartu uang elektronik saat akan lewat.

Direktur operasi i hutama karya. Suroto menjelaskan jika nanti sesudah surat ketetapan (sk) penetapan biaya tol oleh menteri pekerjaan umum serta perumahan rakyat (pupr) sudah keluar. Baru hutama karya kenakan biaya buat pemakai yang akan lewat di tol pekanbaru-dumai.

“seperti batas tol yang lain yang baru diresmikan. Perlu dilaksanakan waktu publikasi lebih dulu. Itu yang sekarang ini sedang kami kerjakan. Hingga bila ingin lewat di tol pekanbaru – dumai sekarang ini gratis sebab masih juga dalam waktu publikasi. Publikasi masif dengan cara off line serta online kami terus-meneruskan mengingat ini adalah jalan tol pertama buat warga di propinsi riau. Jadi beberapa hal yang penting dididik seperti info tentang ketentuan serta peraturan mengemudi di jalan tol. Langkah pemakaian kartu uang elektronik di jalan tol. Info call center yang perlu dikontak. Dan anjuran mengemudi dengan selamat. Dll.” tutur suroto.

Selanjutnya suroto sampaikan jika tol pekanbaru – dumai bisa memotong jarak menempuh dari yang awalnya 4 jam jadi cuman 2 jam saja. “dengan di operasikannya tol ini diinginkan menjadi gerbang perekonomian indonesia – asean dimana otomatis tol jadi sambungan usaha di antara indonesia dengan beberapa negara asean yang lain. Sebab tol ini tersambung dengan beberapa teritori produktif di dumai yang ujungnya bergesekan dengan dermaga roro. Salah satunya dermaga produktif yang berada di dumai.” tutur suroto.

Tol pekanbaru – dumai terbagi dalam 6 seksi yakni seksi 1 pekanbaru – minas (9.5 km).  Serta seksi 6 (duri utara – dumai (25.05 km). Tol ini akan diperlengkapi dengan 10 tempat istirahat serta service (tip). 5 tip arah kota pekanbaru serta 5 tip yang lain arah kota dumai.

10 tip ini terdiri jadi dua type yaitu type a yang terdapat di seksi 2 (minas – kandis selatan) km 14.5 serta seksi 3 (kandis selatan – kandis utara) km 45. Sedang tip type b terdapat di seksi 4 (kandis utara – duri selatan) km 64. Seksi 5 (duri selatan – duri utara) dan km 82 serta seksi 6 (duri utara – dumai) km 13.

“sekarang ini sekalian menanti proses pembangunan tip. Kami sediakan 4 (empat) titik tempat istirahat sesaat (tis) yang ada di km 45 jalan a. Km 65 jalan b. Km 82 jalan a. Serta km 82 jalan b yang didalamnya ada sarana seperti toilet. Mushola. Minimarket s/d tenant umkm partner binaan juga isi tis itu. Serta di km 45 serta km65 juga ada spbu. Kami mengharap tol pekanbaru – dumai ini bisa memberi faedah bukan hanya buat perusahaan. Tetapi buat warga di propinsi riau. Sebab. Di saat pembangunan sampai pengoperasiannya kelak. Ada beberapa puluh tenaga kerja lokal yang diperdayakan.” tutup suroto. Direktur operasi i hutama karya.

Semua pemakai jalan diinginkan bisa patuhi ketetapan serta peraturan yang berlaku di jalan tol. Dan selalu untuk waspada serta masih jaga kecepatan mengemudi maximum di rerata 60 – 80 km/jam. Pemakai jalan disarankan bisa memeriksa situasi kendaraan sebelum mengemudi di jalan tol. Mengemudi pada keadaan sempurna. Patuhi prosedur kesehatan yang berlaku. Dan pastikan kecukupan saldo uang elektronik (ue) sebelum lewat di jalan tol. Dan selalu untuk sepakat jika keselamatan ialah nomor satu.

 

Updated: January 27, 2021 — 3:25 pm